PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi merupakan peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia pada era globalisasi saat ini, yang menempatkannya untuk menjadi bagian terpenting dari kehidupan sebagai sarana untuk menjadi bagian terpenting dari kehidupan sebagai sarana untuk mempermudah kerja manusia dan untuk memperoleh informasi yang tidak kita ketahui. Teknologi dari masa ke masa mengalami perkembangan yang sangat pesat, manusia tidak ada habisnya dalam melakukan perkembangan terhadap teknologi yang ada di dalam kehidupan, selalu mengembangkan, menutupi segala kekurangan teknologi dengan memperbaharui teknologi yang sudah ada dengan teknologi yang lebih praktis dan modern. Salah satu diantaranya adalah Sistem Closed Circuit Television atau istilah yang lebih dikenal adalah CCTV.
CCTV merupakan teknologi informasi yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem keamanan di bidang industri. Sekarang Sistem CCTV telah berkembang dan teknologi yang digunakan semakin modern, dari perangkat pengambil gambar video untuk keamanan dan pengintaian hingga telah berkembang menjadi alat monitoring. Dahulu, CCTV kebanyakan digunakan untuk keamanan Parkir, peluncuran roket dan lain-lain. Namun dewasa ini system CCTV bisa digunakan sebagai alat/barang bukti kejahatan dalam suatu persidangan, CCTV banyak digunakan untuk memantau arus lalulintas kendaraan, untuk monitoring keamanan seperti di Bank, sekolahan, pertokoan, kantor, gudang, bahkan di rumah-rumah. Hal ini merupakan dampak yang timbul dari hadirnya teknologi. Muncul nya CCTV merupakan salah satu contoh teknologi informasi dan komunikasi.
Teknologi Informasi adalah segala sesuatu atau hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadi dunia teknologi semakin canggih, komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat cepat, tidak memerlukan waktu yang lama dan seakan tanpa ada jarak.
Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang lebih tentang teknologi informasi dan komunikasi serta diperlukan pengguna handal dari segi sumber daya manusianya. Maka dari itu, didirikanlah Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Sandhy Putra Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang memiliki tiga Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Jaringan Akses (TJA) yang saling melengkapi satu sama lain sebagai penyedia jaringan dan pengendali jaringan. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berperan dalam mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan profesionalisme sesuai kebutuhan kerja di bidang industri telekomunikasi dan teknologi informatika.
A. Tujuan
1. Tujuan Pelaksanaan PSG
Adapun pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ini bermaksud dan bertujuan untuk :
a. Memperkenalkan para peserta PSG pada dunia usaha/ industri secara nyata yang tentunya berbeda jauh dengan pembelajaran yang diberikan disekolah dengan aspek hampir semua pekerjaan dilakukan secara praktek dan tanpa banyak memerlukan teori. Karena sebagian teori sudah di pelajari di sekolah.
b. Memberikan peserta PSG pengalaman kerja secara nyata yang belum pernah di dapatkan dalam lingkungan sekolah.
c. Untuk mengukur potensi yang dimiliki masing-masing peserta PSG dalam menghadapi berbagai masalah dan mencari pemecahan masalah saat di lapangan kerja.
d. Untuk meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas serta meningkatkan wawasan baik secara teknis maupun hubungan baik antara pekerja atau karyawan.
2. Tujuan Pembuatan Laporan
Adapun maksud penyusunan Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini bertujuan untuk :
a. Sebagai bukti tertulis bahwa telah terlaksananya kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di perusahaan yang bersangkutan terhitung dari 1 Juli 2014 hingga 30 September 2014.
b. Sebagai pelengkap persyaratan uji kompetensi dan nilai Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
c. Sebagai sarana pembelajaran dan pengetahuan siswa siswi SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru sesuai kebutuhan yang bersangkutan.
d. Sebagai penambah pembendaharaan perpustakaan sekolah serta sebagai referensi untuk peserta PSG angkatan selanjutnya.
e. Sebagai bahan pertimbangan antara ilmu yang dipelajari disekolah dengan ilmu yang dipelajari pada Pendidkan Sistem Ganda.
C. Batasan Masalah
Penyusunan laporan ini mencakup pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berlangsung dan dilaksanakan di PT. PLN (Persero) Area Pengatur dan Penyalur Beban (AP2B) Gardu Induk Cempaka. Kegiatan yang dilakukan seperti Crimping kabel Connector RJ45, Pemasangan kabel Ethernet, Setting Alamat IP pada perangkat Kamera CCTV berbasis IP, Setting pada perangkat panel NVR, dan sebagainya. Agar pembahasan pada penyusunan laporan ini lebih terarah, penulis akan membatasi kajian materi yang diangkat sebagai judul yaitu mengenai Instalasi dan Pemasangan Kamera CCTV Berbasis IP.
D. Metode
Metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penyusunan laporan adalah sebagai berikut :
1. Metode Praktikum
Adalah metode dimana data yang didapatkan secara langsung ketika penulis melaksanakan
praktikum di lapangan kerja.
2. Metode Observasi
Adalah metode dimana data yang didapatkan secara langsung pada saat penulis melakukan
pengamatan dan perencanaan terhadap objek yang kita pilih untuk di amati.
3. Metode Wawancara
Adalah metode dimana penulis memperoleh data dengan cara melakukan Tanya jawab
kepada narasumber atau pihak yang terkait dibidangnya.
4. Metode Kepustakaan
Adalah metode dimana data yang didapatkan oleh penulis dengan cara mengumpulkan
informasi-informasi yang bisa penulis dapat dari berbagai media seperti internet, buku-buku
terkait dalam penyusunan laporan yang ada diperpustakaan sbg bahan pembuatan laporan.
E. Manfaat Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1. Manfaat Bagi Siswa
Manfaat dari kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini bagi siswa antara lain :
a. Menambah dan meningkatkan wawasan kepada setiap siswa siswi mengenai dunia industri.
b. Menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian melalui pengalaman praktikum kegiatan PSG.
c. Memberikan gambaran yang nyata kepada setiap siswa siswi bagaimana kondisi atau situasi pekerjaan saat di lapangan kerja.
d. Memberikan gambaran kepada siswa siswi dalam menghadapi masalah serta pemecahannya pada saat berada di lapangan kerja.
e. Siswa dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di sekolah.
2. Manfaat Bagi Dunia Industri (DUDI)
Manfaat dari kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini bagi Dunia Industri antara lain :
a. Terjalinnya kerjasama antara dunia pendidikan (sekolah) dengan dunia industri (perusahaan), sehingga perusahaan tersebut dikenal oleh kalangan pelajar yang akan melaksanakan kegiatan PSG.
b. Adanya kritikan-kritikan yang membangun dari siswa siswi yang melakukan kegiatan PSG.
c. Perusahaan akan mendapatkan bantuan tenaga kerja dari siswa siswi yang melakukan kegiatan PSG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar